Chat with us, powered by LiveChat

Tak Harus Minum, Lihat Kopi Saja Bisa Buat Mata Melek

Salah satu minuman yang kerap dikonsumsi untuk membuat mata tetap terjaga adalah kopi. Kandungan kafein yang dimiliki kopi dapat membuat tubuh menjadi lebih terjaga dan waspada dalam jangka waktu lama.

Namun ternyata tanpa harus meminumnya, kopi ini juga bisa membuat kita terjaga dengan cara lain. Hanya dengan memandang kopi di pagi hari saja dapat membuat mata melek ungkap sebuah penelitian baru.

Dilansir dari NY Post, Diketahui bahwa efek yang muncul dari kafein ini juga bisa muncul ketika kita memikirkan minuman dari kopi seperti latte atau espresso. Namun hal yang sama tak terjadi ketika kamu memikirkan minuman lain seperti teh.

Diyakini bahwa khususnya pada kebudayaan barat, hal ini muncul dalam pikiran kita bahwa kopi dapat membuat otak terbangun dan berjalan. Temuan ini dipublikasikan pada jurnal Consciousness and Cognition.

“Terdapat hubungan antara mengonsumsi kafein dan gairah yang tidak ada pada kebudayaan lain,” jelas peneliti, Sam Maglio dari University of Toronto.

Temuan ini muncul dari empat penelitian yang melibatkan ratusan orang baik dari kebudayaan barat dan timur. Partisipan penelitian diberi sebuah pekerjaan setelah diberi petunjuk yang berhubungan dengan kopi ataupun teh.

Paparan terhadap persepsi pikiran yang muncul dari kopi tampak lebih singkat dan lebih konkret serta lebih tepat sasaran. Namun hal ini tak muncul pada orang-orang yang tumbuh di budaya Timur di mana teh dianggap lebih penting dibanding kopi.

Maglio meyakini bahwa hasil penelitian ini mengungkap bagian sebuah pertanda yang tak jelas dapat mempengaruhi kemampuan kita dalam membuat keputusan. Hal ini dianggapnya dapat berguna untuk memasarkan makanan dan minuman.