Chat with us, powered by LiveChat

Makanan-Makanan yang Menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO

Bagi penggemar kuliner, boleh jadi belum mengetahui bahwa kuliner termasuk warisan budaya dunia UNESCO. Komisi khusus yang membahas dan menanganinya The Committee for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage.

Tujuannya untuk melindungi dan melestarikan warisan budaya dari arus globalisasi. Badan tersebut dibentuk pada 2003 lalu.

Sejumlah negara memiliki kulinernya menjadi salah satu warisan budaya UNESCO. Tak hanya Indonesia, tapi juga negara-negara lain yang juga mempunyai kuliner yang dianggap unik dan istimewa. Berikut daftarnya di bawah ini.

Lumpia

Lumpia yang merupakan jajanan khas Semarang, Jawa Tengah, sudah resmi diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2014 lalu. Meski berasal dari budaya Tiongkok, tapi cita rasa lumpia telah dimodifikasi sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Pizza

Selain lumpia, pizza jenis Naples dari Italia pun jadi salah satu makanan yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya Italia pada 2017. Pizza jenis ini rasa dan bentuk serta cara membuatnya dibakar dengan oven pembakar batu dengan bahan bakar kayu.

Washoku

Hidangan tradisional Jepang ini pun masuk daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak 2013. Selain lezat, makanan ini pun menyehatkan. Washoku memiliki lima citarasa, lima elemen, dan lima teknik memasak.

Nsima

Nsima merupakan olahan terbuat dari jagung yang ditumbuk sebagai pengganti nasi. Makanan ini berasal dari negara Malawi di Afrika dan menjadi salah satu makanan yang juga masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *